Sabtu, 26 Agustus 2017

Program Pembiasaan



PROGRAM PEMBIASAAN


Program pembiasaan adalah kegiatan siswa yang dilaksanakan secara terus menerus di luar jam aktif madrasah yang berorientasi terhadap kematangan pribadi sejak dini sehingga tercipta siswa yang berakhlak mulia, baik kepada Allah Swt maupun makhluk-makhlukNya.

Diantara program pembiasaan itu adalah:

1. SHOLAT TAHAJJUD

Siswa Sholat Tahajjud di Masjid Lama
Mereka melaksanakan sholat Tahajjud setiap malam bersama Pengasuh Pondok Pesantren Gedangan, Hadratus Syaikh KH. Zainal Abidin di masjid. Kira-kira jam 03.45 Istiwak mereka sudah harus ngumpul di sana untuk sholat Tahajjud, sholat Hajat, sholat Mutlak dan membaca dzikir-dzikir. Keistikamaan Pengasuh dalam melaksanakan program itu menjadi inspiratif tersendiri bagi siswa untuk ikut aktif.

2. SHOLAT BERJEMA'AH

Siswi sholat berjemaah di musholla putri
Mereka melakukan sholat berjemaah 5 waktu setiap hari sebagai program wajib Pondok Pesantren Gedangan. Efektifinya program ini karena melibatkan banyak pengurus untuk mengkondisikan siswa-siswa untuk mengikutinya, seperti membangunkan mereka dari tidur malam dan tidur siang, melengkapi fasilitas dan kebutuhan yang lain.

3. MENGAJI AL-QUR'AN (ONE DAY ONE JUZ)

Siswa Melaksanakan Pengajian al-Qur'an Shubuh
Siswa Melakasanakan Pengajian al-Qur'an Maghrib
Mereka mengaji al-Qur'an setelah Maghrib dan setelah Shubuh, baik putri maupun putra dalam tempat terpisah. Dari program ini, siswa dapat mengefektifkan kegiatan membaca al-Qur'an one day one juz (1 hari 1 juz) sesuai dengan ketentuan lembaga. Waktu yang cukup panjang dan pengawasan yang cukup memadai dari pengurus menjadi kekuatan bagi program ini untuk bisa berjalan secara kontinyu dari har ke hari.

4. PROGRAM SHOLAWATAN

Salah satu kelompok memimpin program Sholawatan
Siswa sedang Mahallul Qiyam
Program Sholawatan dilaksanakan setiap malam Jum'at ba'da Isyak sampai jam 08.15 Istiwak kira-kira dalam rangka menumbuhkan pribadi yang cinta Nabi sekaligus sebagai wadah siswa dalam mengembangkan bakat dan potensinya dalam melantunkan sholawat Nabi. 

5. SHOLAT DHUHA

Sedang Sholat Dhuha di Masjid Lama
Mereka sholat Dhuha pada hari Jumát jam 07.00-an sebelum melaksanakan olahraga pagi bersama teman-temannya. 

6. PRAKTEK AKHLAK MULIA
Antrian panjang santri untuk bersalaman dengan pengasuh
Siswa berdiri dengan sopan menyambut kedatangan guru
 Praktek akhlak mulia direalisasikan dengan berbagai bentuk pembiasaan baik yang dapat memberi pengaruh signifikan terhadap terbentuknya siswa berbudi mulia kepada guru, masyarakat dan kepada sang pencipta, Allah Swt. Diantara praktek akhlak mulia itu adalah:
1. Bersalaman kepada guru dengan tata cara yang khas ala santri
2. Berdiri ketika ada guru
3. Berbahasa ibu dengan para guru
4. Mentaati semua perintah guru

7. PUASA SUNNAH
Siswa buka puasa bersama  di halaman dalem pengasuh
Siswa buka puasa di asrama putra
Siswa diharuskan mengikuti program puasa sunnah yang ditentukan oleh pengurus, seperti puasa sunnah Tarwiyah, Arafah, 'Asyura', Tasu'a, tanggal 1, 2, 3 bulan Rojab dan lain sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar