Selasa, 29 Agustus 2017

Peran masyarakat dan kemitraan




PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN
 MADRASAH MIFTAHUT THULLAB GEDANGAN 

Gotong royong masyarakat
  
A.    PENDIDIKAN
Dalam pendidikan, Miftahut Thullab Gedangan Daleman Kedungdung Sampang melibatkan peran masyarakat dan lembaga lain untuk menjaga kelangsukan pendidikan dan mengembangkannya. Diantaranya adalah:

  1. Kerjasama dengan Pondok Pesantren Sidogiri
Kerjasama dalam pengembangan pembelajaran melalui guru tugas yang didelegasikan secara khusus oleh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sidogiri Pasuruan.
Surat tugas guru tugas Sidogiri
 2.  Kerjasama dengan Pondok Pesantren Sidogiri dalam pelaksanaan metode pembelajaran kitab 
 kuning cepat, yang dihadiri oleh Ust. Qusyairi, penemu kitab al-Miftah Sidogiri.



3.      Kerjasama dengan pakar pendidikan
Melakukan kemitraan dengan para pakar di bidang pendidikan untuk mengevaluasi proses pendidikan yang sedang berlangusung. Diantaranya adalah dengan mengundang Bpk. Dr. Mohammad Sjafiuddin, MM, seorang pakar pendidikan yang berasal dari Sampang.
 
Bpk. Dr. Mohammad Sjafiuddin, MM memberi arahan kepada para guru
                   
B.     KEAGAMAAN
1. Dalam bidang ini, Miftahut Thullab Gedangan Daleman Kedungdung Sampang bekerjasama dengan beberapa pihak. Diantaranya adalah alumni dan simpatisan dalam acara kegamaan yang disebut “Jamiyatul Muthi’in wal Mukhlisihin”, baik sebagai ketua, wakil ketua, penggalang dana, sekretaris dan lain sebagainya.

Acara Jamíyah Surabaya
C.    KESEHATAN
Untuk bidang kesehatan, Miftahut Thullab Gedangan Daleman Kedungdung Sampang bekerjasama dengan beberapa instansi kesehatan. Diantaranya dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang dalam melakukan pendampingan Bumil, Bufas Buteki, Bayi dan Balita.

Buku pedoman
Bekerjasama dengan dinas kesehatan Kabupaten Sampang dan Kecamatan Kedungdung dalam membuat POSKESTREN (Pos Kesehatan Pondok Pesantren) dan mengefektifkannya. Dalam hal ini, Miftahut Thullab mendelegasikan siswa untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Pelatihan Poskestren di Miftahut Thullab
 D.    KEPOLISIAN
Kepolisian juga ikut andil dalam mendukung susksesnya kegiatan di MA Miftahut Thullab Gedangan dan yang terpenting perannya dalam memberi pengawasan tingkah laku siswa. Daintaranya adalah:
1.      Partisipasinya Kapolsek Kecamatan Kedungdung dalam mendampingi panitia dalam UN (Ujian Nasional) Madrasah Miftahut Thullab Gedangan.
2.      Memberikan penyuluhan tentang “Bahaya Narkoba dan Tindakan Kejahatan” kepada semua siswa di Pondok Pesantren Gedangan.
3.      Menerima undangan Pondok Pesantren Gedangan dalam mengamankan acara Haflatul Ikhtibar akhir sanah Pondok Pesantren Gedangan.

0 komentar:

Posting Komentar